SAMSUNG BRF TOOLS




Dapat digunakan untuk backup EFS file dan juga dapat digunakan untuk merestore EFS file, fungsi lain nya dapat digunakan untuk remove factory test atau tulisan kuning yang timbul pada layar handphone android , berikut penjelasan singkat tentang apa itu EFS? :
Partisi EFS atau jika dilihat dari Root Explorer berupa folder bernama /EFS ini berisi file yang berhubungan dengan IMEI, alamat Mac Wi-Fi, Bluetooth, alamat Mac, informasi Unlock Jaringan dll, yang sangat penting untuk konektivitas ponsel/perangkat android agar bisa berfungsi dengan baik. Bayangkan jika file-file ini rusak atau terhapus, Anda tidak akan bisa melakuakan panggilan, SMS, MMS, bahkan tidak bisa menggunakan Wi-Fi maupoun koneksi Bluetooth. Dan saya yakin, hal ini akan membuat anda merasa dongkol.
Penyebab utama yang biasanya membuat Corrupt atau hilangnya data EFS antara lain:
Instalasi Custom ROM, ya, mungkin Anda sering mendengar tentang rusaknya data di partisi EFS karena menginstal Custom ROM dari sumber yang asala-asalan. Jadi selalu menginstal ROM yang diverifikasi oleh pengembang atau memiliki respon positif dari para penggunanya.
Melakukan upgrade/downgrade Firmware secara manual, menggunakan Odin, misalnya. Meskipun anda menggunakan firmware resmi juga dapat mengakibatkan data EFS korup. Meskipun hal ini jarang terjadi.
Instalasi Kernel yang tidak bagus atau Kernel modifikasi yang buruk.
Crash antara Kernel lama dan baru.
Dalam beberapa perangkat yang pernah saya tangani, EFS corrupt sebagian besar memang terjadi karena men-downgrade versi Android KitKat ke versi dibawahnya (Jellybean) secara manual dengan Odin.
Ketika data yang ada di partisi EFS corrupt, tanda yang paling gampang dilihat adala hilangnya versi Baseband, yang biasanya juga di ikuti dengan IMEI tidak terbaca. Yang pada akhirnya, perangkat android anda tidak bisa me-registrasi-kan diri ke jaringan provider telekomunikasi. Dan perangkat anda pun tidak bisa melakukan panggilan SMS dll karena tidak ada layanan telekomuniksai yang terhubung.
Untuk mencegah terjadinya EFS corrupt sebaiknya backup data EFS Anda terlebih dahulu sebelum melakukan salah satu hal di atas. Karena jika ini terjadi, maka perangkat tidak banyak berguna tanpa Wi-Fi dan koneksi data. Anda hanya dapat menggunakan perangkat Anda untuk menonton film dan mendengarkan musik dan aktifitas yang tidak menggunakan koneksi internet, Anda tidak akan dapat menggunakan Facebook, Twitter, Google Plus, browsing web, Download dari Play Store dll. Disinilah fungsi penting dari data yang ada di partisi EFS.
Silahkan download Sofware untuk backup dan restore file efs pada link yang saya sediakan dibawah ini :


SEMOGA BERMANFAAT

Comments

Popular posts from this blog

FIRMWARE COMPLETE SAMSUNG GT-C3520

OPPO A37F & A37FW GETAR ONLY SOLUTION